25 November 2012

Tugas Softskill "Ekonomi Koperasi"

Nama    : Nindia Rianasari
Kelas    : 2EA14
NPM    : 15211181

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG MASALAH
Koperasi merupakan usaha bersama dari sekolompok orang yang mempunyai kepentingan yang sama dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Dari latar belakang tersebut saya mendapat hasil penelitian.
KOPPAS Kranggan adalah sebuah koperasi pedagang pasar yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan yang beranggotakan sebagian besar para pedagang Pasar Kranggan serta masyarakat di sekitar Kecamatan Jatisampurna yang mempunyai keterkaitan ekonomi dengan satu tujuan dan cita-cita yang sama yakni membangun ekonomi rakyat yang kuat, mandiri dan sejahtera.
KOPPAS Kranggan berdiri tanggal 12 September 1987 dengan Nomor Badan Hukum No. 9184/BH/KWK.10/8 dan SIUP : 194/10.8/PK/VI/1992. Koppas Kranggan berkendudukan di jl. Rayapasar Kranggan No. 12 Jatisampurna, Kota Bekasi. Sampai saat ini KOPPAS Kranggan telah mempunyai lima kantor cabang dan dua unit usaha out sourcing.
 
BAB II
PEMBAHASAN

2.1. PENGERTIAN KOPERASI
Pengertian koperasi secara sederhana berawal dari kata ”co” yang berarti bersama dan ”operation” (Koperasi operasi) artinya bekerja. Jadi pengertian koperasi adalah kerja sama. Sedangkan pengertian umum koperasi adalah : suatu kumpulan orang-orang yng mempunyai tujuan sama, diikat dalam suatu organisasi yang berasaskan kekeluargaan dengan maksud mensejahterakan anggota.
2.2. KEANGGOTAAN
Jumlah Anggota Koppas Kranggan sampai dengan tanggal 31 Desember 2011 berjumlah 363 orang dengan besar simpanan Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) dan simpanan wajib Rp 30.000,- (tiga pulluh ribu rupiah) setiap bulannya.
2.3. PRESTASI KOPPAS KRANGGAN
Pada tanggal 3 Agustus 1997 Koppas Kranggan merubah badan hukumnya dari nomor 914/BH/KWK.108 tanggal 12 Desember 1989 menjadi nomor 9184/BH/KWK/10/I/1998 hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan UU No. 25 Tahun 2002 dan PP No. 9 Tahun 1995.
Semenjak saat itu KOPPAS Kranggan terus menjadi koperasi yang terus berkembang dan maju sehingga mendapat predikat Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional, pada Hari Koperasi Ke-56 Tahun 2003 yang di pusatkan di Wonogiri Jawa Tengah oleh Ibu Presiden Megawati Sukarno Putri.
Selain itu Ketua Umum Koppas Kranggan saai itu Bpk. Anim Imamuddin SE juga dapat penghargaan sebagai Tokoh Koperasi pada hari koperasi ke-59 Tahun 2006 di Pekalongan oleh Bpk. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Prestasi yang baru-baru ini diraih oleh KOPPAS Kranggan adalah penghargaan Bakti Koperasi yang diberikan pada Hari Koperasi ke-63 tahun 2010 di Surabaya yang diberikan oleh Menteri Koperasi & UKM RI, Dr. Syariffudin Hasan MM. MBA
Selain penghargaan di tingkat Nasional KOPPAS Kranggan juga mendapat penghargaan di tingkat provinsi maupun kota dan menjadi salah satu koperasi yang menjadi contoh teladan bagi koperasi-koperasi lainnya.
2.4. VISI KOPPAS KRANGGAN
Memberdayakan lembaga koperasi dan usaha kecil sebagai pelaku ekonomi yang di arahkan untuk menciptakan struktur ekonomi yang kuat maju, tangguh dan mandiri di wilayah Jatisampurna, Kota Bekasi.
2.5. MISI KOPPAS KRANGGAN
·         Memperoleh gerakan ekonomi rakyat agar dapat mempercepat proses kesejahteraan anggota.
·         Mitra usaha yang saling menguntungkan menuju anggota sejahtera.
·         Memberdayakan koperasi agar mampu mengembangkan dirinya sendiri menjadi koperasi maju, mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat dan anggota.
 
2.6. ORGANISASI KOPPAS KRANGGAN       
Pengurus
                Ketua Umum                     :  Anim Imamuddin, S.E., MM.
                Sekretris                              :  H. Niman Bakri
                Bendahara                          :  M. Masna, S.E
Pengawas
                Ketua                                    :  Mursyid ZA.
                Sekretaris                            :  M. Bambang Saryono, M.Pd.
                Anggota                               :  Umar Anshori
Penasehat
                Ketua                                    :  Dusun Adul
                Anggota                               :  H. Mansur Arian
                Anggota                               :  H. Nian K.


2.7. HASIL PENELITIAN
1.       Saya                       :  Menurut Ibu, apa saja yang menjadi kekuatan internal bagi Koppas
                           Kranggan? Bagaimana Ibu menilai kekuatan tersebut?
Pengurus             :  Kekuatan kami berada pada SDM-nya karna mempunyai integritas
                           juga pengurusnya, sehingga kepercayaan masyarakat sangat besar
                           kepada kami selain itu sistem manajemen disini cukup profesional.
2.       Saya                       :  Menurut Ibu, apa saja yang menjadi kelemahan Koppas Kranggan?
                           Bagaimana Ibu menilai kelemahan tersebut?
Pengurus             :  Mungkin dari sistem IT-nya yang belum terlalu canggih tapi kami
                           sedang menjajaki untuk bekerja sama dengan indosat.
3.       Saya                       :  Bagaimana dengan situasi persaingan yang dihadapi oleh Koppas
                           Kranggan? Apakah posisi mereka mengancam kelangsungan bisnis  
                           Koppas Kranggan? Bagaimana Ibu menilai keadaan ini?
Pengurus             : Kami sama sekali tidak merasa terancam tapi merasa sebagai
                          Kompetisi dan memotivasi kami untuk berusaha menjadi lebih baik
                          lagi.
4.       Saya                       :  Sejak kapan Koppas Kranggan didirikan?
Pengurus             :  Pada tanggal 12 September 1987
5.       Saya                       :  Apa alasan Koppas Kranggan ini didirikan?
Pengurus             :  Untuk mempermudah para pedagang mendapatkan permodalan
                           dan juga memberikan akses untuk para pedagang pasar.
6.       Saya                       :  Siapa sajakah yang menjadi pelanggan Koppas Kranggan?
Pengurus             : Seluruh masyarakat dari segala kalangan, bermula dari keluruhan
                          Dan sekarang sudah merambah ke kota.
7.       Saya                       :  Berapa jumlah anggota Koppas Kranggan saat ini?
Pengurus             :  a. Anggota = mencapai 400 orang
                                   b. Anggota Dilayani & Penabung = mencapai 25ribu orang.
8.       Saya                       :  Bagaimana proses untuk menjadi anggota Koppas?
Pengurus            :  Untuk menjadi anggota syaratnya yaitu sudah melakukan transaksi  
                           pinjaman minimal 3 kali dilihat dari cara pembayarannya
                           teratur/tidak. Karena kami mencari anggota yang amanah/debitur
                           lancar. Dan harus mendapat referensi 2 anggota lama membayar
                          simpanan pokok sebesar Rp 5.000.000.
9.       Saya                       : Siapa sajakah yang berhak untuk mengajukan permohonan
                                keanggotaan?
Pengurus            :  Semua kalangan masyarakat.
10.   Saya                       :  Bagaimana komunikasi dengan anggota yang dilakukan selama ini?
                                 Apa saja yang menjadi kendala dalam melakukan komunikasi
                                dengan anggota?
Pengurus            :  Komunikasi yang biasa kami lakukan melalui surat menyurat, telpon
                          dan sms.
11.   Saya                       :  Apakah dengan menjadi anggota Koppas Kranggan ini kita dapat
                           memperoleh perlakuan khusus? Dalam hal apa saja?
Pengurus            :  Pastinya. Seperti jasa pinjaman lebih rendah daripada non anggota,
                          Punya hak suara dalam rapat anggota, pinjaman tanpa
                          agunan/jaminan. Intinya pelayanan lebih kami utamakan.
12.   Saya                       :  Setiap hari apa saja koperasi ini beroperasi? Dibuka dari jam berapa
                           sampai jam berapa?
Pengurus            :  a. Senin – Jumat jam 08.00 – 16.00
                                   b. Sabtu jam 08.00 – 15.00
13.   Saya                       : Bagaimana pelanggan dapat mengkomunikasikan kebutuhan
                                Mereka kepada Koppas Kranggan? Melalui media apa?
       Pengurus            :  Tatap muka (bertemu langsung dengan customer service), telpon
                               dan sms  kepada penyuluh.

BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar